Senin, 26 Mei 2014

membuat boneka dengan pola sendiri

Assalamu alaikum dan hallo teman-teman.

sharing karya terbaru lagi.. Minggu lalu dapet 'tantangan' dari teman yang mengirim gambar di wall fb saya untuk menduplikasi model boneka ini
source : https://www.facebook.com/mimosdalaura2012?fref=photo
sebenarnya dari dulu sudah lihat foto ini cuma belum sempat praktekin. Berhubung di-order ya sudahlah dengan senang hati dikerjakan hehehe..

Oh iya, saya nggak terlalu pusing kalo ada request boneka tapi nggak punya polanya, karena modelnya cukup simple , saya pikir saya bisa bikin polanya sendiri. Karena saya pikir saya bisa- maka jadi bisa, jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat pola sendiri.Sebagian orang bilang tidak bisa menggambar jadi tidak bisa bikin pola sendiri. hmm, kalau begitu belajar menggambar dulu ^_^.

Jadilah dengan melihat fotonya, saya sketsa gambarnya ke kertas. Supaya mudah, saya suka pakai kertas milimeter block karena bisa mengukur tanpa penggaris dan hasilnya lebih simetris. Setelah fix polanya, saya potong pola dari milimeterblock lalu saya tempelkan ke kertas yang lebih tebal seperti karton supaya pola tersebut awet untuk dipakai berkali-kali. Tapi favorit saya adalah kertas dari  kotak kemasan makanan, kertasnya bagus sekalian mengurangi 'sebagian' sampah kan.

ini pola hasil gambar saya yang sudah saya potong-potong dan lapisi karton kemasan.


Sesudah pola jadi, teman-teman pasti sudah banyak  yang tahu proses selanjutnya: memotong-motong bahan felt sesuai pola, menjahit, mengisi dengan dakron dan menyatukan bagian per bagian hingga jadi boneka yang cantik.

Dalam craft handmade tidak ada yang 100 % mirip karena pemikiran, sentuhan tangan dan emosi jiwa tiap crafter beda meski bahan material dan pola sama.

Dan ini lah hasil buatan saya, dengan material yang di-improvisasi . Kelihatan 'lebih sehat' alias gendut dari contoh modelnya di atas ya hahaha... 




mohon maaf saya belum bisa membuat tutorial karena setelah nyoba bikin itu berkesimpulan bikin tutorial itu tidak mudah alias repooot.. Saya salut dengan yang crafter yang membuat pola sendiri menulis tutorialnya sendiri baik berupa buku, paket belajar, maupun artikel di blog, itu benar-benar kerja keras.. Saya berharap bisa membuat tutorial yang bagus, baik dan jelas suatu saat nanti.Atau sekalian bikin buku aja ya? (mohon di-amin-kan satu mimpi saya  ini hehee...)

Terima kasih sudah mampir dan semoga tetap suka ngikutin karya-karya saya
Silahkan tinggalkan komen berupa kritik, saran, uneg-uneg dll
mau order ato tanya2 dulu juga boleh
kalau mau kirim makanan? ditunggu ^_^


xoxo

Yunita Arianty







Tidak ada komentar:

Posting Komentar