Jumat, 21 Maret 2014

belajar, belajar dan belajaar..

Humm.. lama tak jumpa.. 20 hari setelah tulisan terakhir

tanggal 16 maret lalu saya ikutan mini workshop yang diadakan grup fb Kriya Aremanita.. ini kali pertama saya ikutan workshop jadi baru kali ini tatap muka dengan senior-senior crafter di Malang, jadi tambah ilmu, tambah teman. Belajarnya sih yang simple-simple saja, tapi sangat menyenangkan..tahu sendiri kan kalau ibu-ibu ngumpul gimana.. Aiih jadi nggak sabar untuk ikutan workshop berikutnya, 2 bulan lagi... iya cuma 2 bulan sekali acaranya...

Kali ini workshop nya bikin lolly rose. 3 kreasi peserta terbaik dapat hadiah menarik dari pelatihnya.. tapi saya belum menang hehehe.... Selain bawa pulang lolly rose kreasi sendiri, dapat gratisan (asyiik) souvenir mini clay hasil eksperimen yang punya tempat acara.. Belajar bersama itu menyenangkan..

lolly rose kreasi saya dan souvenir clay workshop




O ya, hari ini saya baru menyelesaikan DIY sweety doll dari penulis buku Sweety doll, Kari Kuntari. Pengerjaannya lamaa...buangett... belinya sih dari sebulan lalu,tapi bari finish hari ini hehehe...Sebenarnya harusnya sih nggak lama, karena bonekanya sudah jadi dari kit-nya, tinggal menyambung bagian-bagian baju, memasang rambut wool, menjahit wajah, terus menyambung kepala boneka dengan body-nya, plus menempel pernik-perniknya...
Tapi apa daya ini saya kerjakan di sela-sela suasana rumah yang riuh karena pengerjaan bagian rumah yang dicicil hari demi hari., misalnya : 4 hari pengecoran beton untuk garasi mobil, 2 hari besoknya pasang pintu garasi.. besok lagi pemasangan kanopi,kalau siang hujan turun (yang hampir tiap hari terjadi di Malang) otomatis pekerjaan berhenti dilanjutkan besok lagi.. dan jika pak tukang libur, waktunya saya bersih-bersih keliling rumah dari debu-debu semen,pasir dll yang pastinya menumpuk. Jadi setelah sebulan lebih menempati rumah ini, masih ada saja pengerjaan yang melibatkan tukang bangunan dan lain-lain,membuat saya tidak leluasa dan masih kurang nyaman untuk 'me-time'. Sampe jenuh saya jaga-in rumah tapi nggak bisa nge-craft karena mood-nya nggak ada, kalau nggak saya sudah tepar abis bersih-bersih. Yaah.. semua kan demi kenyamanan saya sendiri juga nanti jika sudah selesai semua. = )
Jadi melantur, balik ke topik tadi, ya.. Kok beli DIY boneka sih, kan saya sudah bisa bikin boneka sendiri? Memang,tapi saya juga perlu wawasan baru, bisa jadi saya sudah punya buku sang creator, tapi kadang ada materi yang saya kurang pahami dan memang tidak dijelaskan terperinci di buku,ternyata ada di KIT yang dijual sang creator. Saya baru nge-craft belum setahun, jadi saya rasa pengetahuan saya masih kuraang... saja..Misalnya pengetahuan tentang material kain,juga perlakuan tiap bahan kain kadang bisa beda, mau nyoba bikin sesuatu dari buku tapi masih ragu takut salah beli bahan, kan sayang.. Jadi beli langsung ke sang creator tentu benar bahannya, tinggal belajar tekniknya. Selain alasan itu juga sebagai pembanding, seperti studi banding lah, jadi nambah semangat untuk membawa hasil kreasi kita sendiri ke level yang lebih tinggi ( wuiiih bahasa-nya...), kan si creator sudah mengalami trial & error lebih dulu dari saya, jadi belajar sama yang pengalaman..ini dia hasilnya, coba bandingin dengan aslinya di sini

 
Intinya.. saya ingin maju, saya ingin bisa terus berkarya, menjadi lebih baik dan lebih baik..caranya? Belajar,belajar, belajar...baik dari buku, workshop, ataupun DIY kit  dan praktekin.. kalo nggak di-praktekin semua hanya teori tanpa hasil jadi, mana 'handmade' nya? Meskipun ada saja rintangan menghadang seperti pas lagi sibuk banget, suasana nggak kondusif, nggak ada mood.. pasti ada saatnya saya 'kangen' untuk 'mainan gini-an'..dan supaya nggak terjebak dengan kreasi yang itu-itu lagi ya belajar mem-variasi-kan bahan, teknik, atau ganti kreasi sekalian... yang penting menyenangkan. 

Saya masih ada pe-er praktekin 3 kit wallet/purse yang sudah saya beli ( gaya banget padahal cuma bisa jahit tangan) .. moga saya berhasil ( entah kapan ngerjainnya.... -_-' )


selamat belajar, happy fun crafting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar